Selamat Datang Di Blog saya

Selasa, 19 Mei 2009

Peduli Lingkungan


Semua sudah maklum bahwa bumi yang sama-sama kita diami ini sudah semakin tua, sebagaimana manusia pada umumnya, pada usia lanjut tentunya akan semakin menurun kondisinya. Alangkah bijaksananya kita-kita yang merasa memiliki bumi ikut andil untuk menjaga syukur-syukur sampai dengan menyelamatkan bumi yang sudah mulai sakit-sakitan.


Terus apa yang bisa kita lakukan? sebenarnya banyak hal yang bisa kita kerjakan, salah satu contoh “Batagor” sudah sampai jilid dua peduli pada lingkungan, moga-moga dalam waktu yang gak terlalu lama jilid tiga segera terwujud.

Diperempatan atau simpangan jalan yang dilengkapi lampu pengatur lalu lintas, lampu “bangjo” kata saudara-saudara kita dari Jawa, maksudnya Abang (=merah) dan Ijo (=hijau), kenapa kuningnya gak disebut ya? Dibeberapa tempat sudah dilengkapi dengan penunjuk waktu, sehingga para pengguna jalan bisa memperkirakan berapa detik akan kena merah atau berapa detik akan jalan karena lampu hijau. Bila saja pada saat berhenti (lampu merah) semua kendaraan bermotor di persimpangan mematikan mesinnya dan dinyalakan lagi pada angka 3-5 detik menjelang lampu hijau, berapa persen pencemaran udara karena knalpot kendaraan bermotor yang bisa dikurangi, hitung sendiri deh.

Di era teknologi yang makin janggih ini, banyak sekali inovasi-inovasi menuju ke hal yang positif, praktis. Kita coba ambil contoh, kebanyakan kita tidak lagi menggunakan sapu tangan tetapi mengganti dengan “tissue” demi efisiensi dan kepraktisan. Kalau dulu, jamannya sapu tangan, setelah dipakai dan kotor lalu dicuci untuk digunakan kembali. Pengguna tissue, sekali pakai lalu buang, dan sering-seringnya dibuang sembarangan. Bila pengguna tissue satu hari menggunakan satu pak yang isinya lima lembar, berapa banyak pengguna tissue di kota Bandung? tinggal dikalikan, berapa banyak yang nyampah dari tissue saja.

Kasus lain adalah penggunaan kantong plastik (keresek) sebagai pengganti kantong kertas atau daun, alhamdulillah saat ini beberapa toko sudah mengurangi bahkan meninggalkan penggunaan plastik diganti dengan bahan yang lebih ramah lingkunga

0 komentar:

Posting Komentar

 

Green zone Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template